Mari Kuberikan Kaca







Insecure adalah suatu sikap membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Insecure bisa menyebabkan kita menjadi pribadi yang tidak percaya diri, merasa rendah dan penuh kekurangan. Hal tersebut membuat kita menjadi takut akan kritikan orang lain tentang kita. 

Kalian semua pasti pernah kan berada di posisi Diaman kalian merasa Insecure atau tidak percaya diri ? Ya, semua orang pernah merasakannya. Gue pribadi pun juga pernah ada di saat-saat seperti itu. Biasanya, perasaan insecure gue timbul ketika gue berada di luar ruangan , ya contoh nya kalo gue lagi jalan-jalan bareng temen dan ketemu banyak orang, apalagi ngelihat cewek-cewek yang jauh lebih cantik. 

Merasa Insecure tidak hanya pada kecantikan saja, tapi bisa juga karena diri kita merasa sangat bodoh. Ya, semua insecure berbeda-beda tapi yang pasti insecure itu adalah racun yang harus dibasmi sebelum menjalar ke seluruh tubuh. 

Kenapa sih kita menjadi pribadi yang insecure? Apa penyebab kita menjadi insecure? Dan bagaimana cara kita membuang jauh-jauh insecure? Okee, tunggu satu-satu pasti akan gue kasih tau. 

Menurut gue memiliki perasaan yang insecure adalah hal yang biasa, karena semua orang memiliki nya. Menjadi pribadi yang insecure tidak salah-salah banget sih, karena semua orang berhak untuk membandingkan dirinya dengan orang lain agar, menjadi jauh lebih baik. Ibaratkan orang yang kita bandingkan adalah objek yang memotivasi kan kita untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Tetapi, ada banyak orang juga yang salah mengartikan nya. Malahan perasaan insecure mereka membuat mereka tidak percaya diri dan malu untuk bersosialisasi karena selalu ada perasaan bahwa dirinya itu rendah nanget. Padahal, seharusnya kalian bisa jadikan itu motivasi. 


" PENYEBAB KALIAN MERASA INSECURE "

1. FAKTOR LINGKUNGAN :

kenapa gue jadikan lingkungan yang menjadi penyebab nya? Karena lingkungan lah tempat kita bergaul dengan banyak orang atau tempat nya kita bersosialisasi kepada orang-orang. Setiap teman pasti berbeda-beda kan, ada yang beri pengaruh positif dan juga negatif. Kalo positif tidak jadi masalah, nah yang jadi permasalahan itu kalo yang negatif. Biasanya kalau yang negatif itu hanya bisa mengkritik kita yang menyebabkan kita merasa down atau jatuh. 

2. MEMBANDINGKAN :

Aduhh please deh ya , stop! Membandingkan diri kalian dengan orang lain, karena hal tersebut membuat kalian tambah tidak percaya diri. Kalo terus- terusan dibiarin kaya gitu , bisa mengakibatkan kemampuan yang kalian punya malahan bisa gak berkembang , kalian tidak akan maju. Kalian mau kemampuan yang kalian punya tidak kesampean?

3. TIDAK MERAWAT DIRI :

Kalian merasa Insecure karena kalian merasa kalian tuh punya banyak kekurangan, jelek dan lain-lain yang bisa membuat kepercayaan diri anda rendah. Hal itu gampang banget loh diatasi, mereka yang kalian anggap sempurna atau cantik pasti sering merawat diri nya setiap hari. Hayo mereka aja bisa merawat diri , kenapa kalian tidak mencobanya?. Merawat diri tidak perlu mahal- mahal , tidak usah repot-repot ke salon loh. 

4.SOSIAL MEDIA :

Hey, jangan salah loh ternyata sosial media bisa menyebabkan insecure terjadi. Contoh nya aja , waktu pas kalian buka Instagram dan lihat postingan artis- artis atau teman- teman kalian. Ketika dilihat pasti ada perasaan insecure yang muncul. "Aduh cantik banget!" "Yaampun pengen kaya gitu, bisa cantik ih" dan lain- lain. 


Tadi , gue udah kasih tau ke kalian apa aja penyebab kita menjadi pribadi yang insecure. Sekarang aku mau bahas cara menghilangkan insecure dari dalam diri kita. 


"SAYA BISA BUANG INSECURE" 

1. MOTIVASI :

Dengan adanya motivasi yang positif membuat kalian lebih bersemangat untuk membuang jauh insecure dalam diri kalian. Kata - kata motivasi bisa kalian dapatkan melalui nasehat keluarga, support teman, dan menyemangati diri sendiri.

2. MENCARI KESIBUKAN DENGAN KEMAMPUAN:

mencari kesibukan tidak sulit untuk dilakukan. Kesibukan bukan bekerja saja ya, tetapi dengan mengembangakan kemampuan yang kita miliki. Prestasi-prestasi yang membangakan diri sendiri dan juga orang terdekat. Gue yakin , kalo kalian bersikap seperti itu kemampuan kalian tidak akan sia- sia. Kemampuan kalian akan terus maju dan menjadi sukses.

3. LAGU DAN FILM

mendengarkan lagu dan menonton film bisa membuat kita tenang. Serasa Masalah yang sedang kita alami seketika hilang begitu saja. Tetapi, lagu yang kalian dengarkan juga harus mengandung pesan positif yang membuat kalian termotivasi , begitu juga dengan hal nya film.


4. MANUSIA TIDAK SEMPURNA :

kalian percaya kalau Allah SWT menciptakan manusia pasti ada kelebihan dan kekurangan nya. Biasanya mereka menonjolkan  kelebihan mereka dan menutupi kekurangan mereka masing- masing. Maka, dari itu jangan menganggap diri kalian sangat lah buruk. 


Itulah beberapa penyebab dan cara menghilangkan insecure dalam diri. Semoga penjelasan gue kali ini dapat dimengerti. Ayo mari sama- sama kita buang jauh - jauh perasaan insecure dalam diri kita. Percaya bahwa kecantikan fisik tidak akan bisa memenangkan kecantikan dalam atau hati. 
























Komentar

Nestasyaa mengatakan…
mantab, lanjutkan😫🌠
TIFFANY VANESSIA mengatakan…
Makasih ka Andriani
Ah setuju banget sama poin sosmed bikin insecure! Terkadang itu memang terjadi. Lumayan sulit buat membunuh rasa insecure ini, kadang rasanya udah pergi tapi kadang bisa secara random ke-trigger :')


Kalau berkenan, mampir-mampir ke blogku ya. Terima kasih :)
TIFFANY VANESSIA mengatakan…
Nah bener tuh ka, insecure itu bisa bikin stress juga. Padahal kan semua orang gak sempurna
keyne mengatakan…
Tulisannya keren bangeett! Poin utama biar ga insecure sih kita harus bersyukur sama apa yang udh dikasi Allah SWT. Bersyukur bukan berarti juga berhenti berusaha karna mikir kalo emang ya ini kemampuan gue ga bisa lebih lagi. Tapi dari bersyukur dan insecure itu juga yang harusnya buat kita jadi bertekad buat lebih baik lagi ;))
TIFFANY VANESSIA mengatakan…
Yang pasti tetap optimis aja ka, jangan memaksakan sesuatu , ya berusaha boleh tapi harus tau kemampuan kita.

Postingan populer