Saya Lebih Bahagia








Memiliki keluarga yang harmonis adalah impian terindah semua orang. Siapa coba yang tidak mau punya keluarga yang tenang tanpa dilanda masalah? Pasti semua orang mau kan. Keluarga bagaikan rumah tempat kita berteduh dan tempat kita berbagi cerita suka maupun duka. Keluarga yang sempurna terdiri dari seorang ayah ibu dan anak yang terikat oleh sebuah ikatan batin.

Tapi, sebagian orang tidak bisa merasakan semua itu lagi. Alasan nya karena sebuah pertengkaran. Kebanyakan karena pertengkaran kedua orang tua , yang menjadikan seorang anak korbannya. Anak yang tidak seharusnya mendengarkan kalian bertengkar, anak yang kini merasa dirinya sendirian , menangis dan merasa putus asa.

Istilah Broken Home sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Broken home julukan untuk keluarga yang retak atau tidak harmoni. Tapi, menjadi anak broken home bukan lah sebuah penyesalan. Kenapa broken home bukan penyesalan? Bukanya broken home itu kesepian, sedih dan menderita?  Etsss....buang jauh-jauh pemikiran kalian yang seperti itu. Karena disini aku mau kasih tau ke kalian terutama anak broken home.


"BROKEN HOME TIDAK UNTUK DISESALI"

1. SIFAT KEDEWASAAN 
 
Semua orang pasti mempunyai berbagai masalah yang berbeda - beda. Banyak anak diluar sana yang sulit menyelesaikan masalah mereka sendiri, padahal usia mereka sudah dewasa. Tapi, tidak untuk anak broken home. Anak broken home memiliki sifat kedewasaan yang tinggi, karena mereka merasa dirinya sendiri, hal itulah yang membuat mereka bersikap dewasa dan lebih bisa menyelesaikan Maslaah nya sendiri dengan menentukan keputusan yang bijaksana.

2.  SIKAP KUAT

Menjadi anak broken home memang tidak mudah. Mereka harus menahan bully atau ejekan dari teman- teman di lingkungan nya karena julukan broken home. Tetapi, semua itu tidak berpengaruh terhadap anak broken home. Mereka sudah biasa menghadapi situasi seperti itu. Maka, dari itu anak broken home tidak akan goyah dan mereka selalu bisa kuat menghadapi Maslaah.

3. KEMANDIRIAN TINGGI

bagi anak broken home menjadi mandiri bukan lah hal yang sulit. Mereka sudah terbiasa mengurus dirinya sendiri tanpa merepotkan orang lain. Karena ketika orang tua mereka bertengkar , mereka pasti terlupakan oleh ego orang tua mereka. 

4. BERTANGGUNG JAWAB 

Rasa tanggung jawab yang tinggi dimiliki oleh anak broken home. Walaupun mereka tau keadaan keluarga nya yang tidak harmonis , tetapi bukan berarti mereka tidak bisa menjaga diri mereka sendiri. Mereka lebih tau mana yang positif dan negatif. Tanggung jawab mereka juga bisa ditunjukan melalui prestasi - prestasi yang dimilikinya. Prestasi itulah yang akan ditunjukkan kepada kedua orang tuanya mereka. 
Mereka akan belajar dengan giat agar bisa membuktikan kepada orang tua mereka. 






Setiap anak memiliki sifat yang berbeda- beda. Sifat tersebut bisa saja warisan kedua orang tua mereka dan bisa juga karena lingkungan sekitar. Tetapi, setiap tindakan yang mereka lakukan pasti ada alasan nya. Bagi anak broken home memiliki sifat seperti yang akan aku jelaskan dan sekali lagi setiap tindakan pasti ada alasannya.


"MEREKA PUNYA ALASAN"

1.  NAKAL 

 julukan nakal untuk anak - anak memang sudah biasa kan. Kenakalan mereka berbeda - beda biasanya. Kenakalan juga bisa disebabkan karena kehidupan keluarga yang sedang  tidak harmonis. Tapi, jangan langsung memarahi kenakalan mereka ya, coba kalian bertanya alasan mereka bertindak seperti itu. Buat anak broken home , kenakalan yang mereka lakukan karena mereka butuh kasih sayang dan juga perhatian. Bila, semua itu tidak bisa mereka dapatkan di dalam keluarga, maka mereka akan melakukan nya di lingkungan luar. 

2. SULIT UNTUK PERCAYA 

 Sebagai seorang anak memiliki kepercayaan yang besar kepada orang tua mereka sangat lah wajar. Mereka percaya bahwa orang tua mereka akan membimbing mereka sampai dewasa. Tetapi, ketika kepercayaan yang mereka berikan tiba- tiba saja di sakiti oleh sebuah pertengkaran orang tua, yang membuat mereka merasa trauma dan orang tua mereka tidak peduli lagi pada mereka. Orang tua mereka hanya memikirkan ego masing- masing saja. 

3. MERASA RENDAH DAN TAKUT

  Melihat keluarga yang harmonis di depan mata anak broken home memang sangat menyakitkan Sekali. Hal tersebut yang membuat mereka merasa dirinya amat rendah. Dan membuat mereka berfikir kalau dirinya lah yang paling buruk. Karena mereka merasa orang tua mereka tidak peduli akan mereka lagi. Maka, dari itu anak broken home bisa menjadi sangat takut.

4. LEBIH PEDULI

 Jika mereka melihat seseorang yang memiliki nasib yang sama seperti mereka, yaitu broken home. Pasti mereka akan lebih peka atau peduli untuk siap menolong nya. Karena mereka juga merasakan kesepian, kehilangan dan keterpurukan yang mendalam. 





Seperti yang aku jelaskan tadi, menjadi anak broken home memang tidak mudah tapi, bukan penyesalan juga. Anak broken home harus kuat dan berhak bahagia. Memang tidak mudah , tetapi bila kalian mau bangkit dengan niat yang tinggi pasti semua itu akan mudah. Sekarang aku mau kasih tau tips - tips agar kalian anak broken home tidak putus asa. 


"BROKEN HOME TIDAK PUTUS ASA" 

1. BELAJAR 

Ayo mari bangkit dan hapus air mata kalian yang mengalir setiap kalian mengingat pertengkaran itu. Jangan jadikan semua itu penghalang kalian untuk melanjutkan masa depan.  Mari kita semua belajar bersyukur dan menerima kenyataan, walaupun sebenarnya tidak mudah terhapus di memory otak kita. Tapi aku yakin dengan kalian mencoba mencari kesibukan dalam hal positif, pasti semua itu akan terhapus perlahan demi perlahan. Asalkan kita mau berusaha dengan niat yang kuat. Jangan goyah dengan semua ejekan orang - orang disana, karena mereka belum pernah merasakan nya. Jangan hiraukan orang - orang yang menghina , karena mereka hanya akan membuat putus asa. 

2. IMPIAN LEBIH PENTING

 Semua orang memiliki masa depan , sebuah cita- cita setinggi langit yang mereka impikan sejak kecil. Jika , kalian memiliki impian cobalah buktikan kepada dunia bahwa kalian bisa mewujudkan nya. Membuktikan bukan berarti mereka sombong. Jangan karena masalah yang kalian alami , kalian menjadi jatuh dan tidak bangkit lagi. Kalian merasa putus asa dan mulai mengubur segala cita- cita. Jangan! Masa depan kalian masih panjang, masih banyak hal yang kalian harus tau dan pelajari. Jangan sia- siakan semua hal yang kalian pupuk dari kecil. 

3. BERBAGI CERITA 

Ingat! Kalian tidak sendirian "humans are social creatures" manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Tidak baik memendam semua cerita sedih kalian sendirian . Cobalah untuk berbagi cerita pada orang terdekat kalian yang bisa dipercaya. Jika, kalian mulai berbagi cerita pasti kalian akan merasa tidak sendiri lagi. Cobalah belajar terbuka , karena dengan curhat kalian bisa mendapatkan saran , nasehat dari orang - orang. Nasehat yang positif itu penting loh. 






Banyak yang bilang kalau bertemu anak broken home harus dijauhi loh, tidak boleh di temani. Kenapa? Karena takut ketularan nasib nya. Hey, semua itu tidak boleh ya. Seharusnya jika kalian bertemu anak broken home , kalian harus merangkul nya. Beginilah cara kalian bertemu anak broken home.

"BROKEN HOME JANGAN DI JAUHI"

1. DENGARKAN SETIAP CERITANYA

teman yang baik itu adalah teman yang mau mendengarkan cerita teman nya. Mereka akan memberikan saran berupa support yang positif agar teman nya tidak merasa sendiri. Jangan merasa bosan untuk mendengarkan cerita suka dan duka mereka ya , karena suatu saat kalian akan melakukan hal yang sama. 

2. BERIKAN MEREKA SEMANGAT 

Jangan kalian kucilkan mereka yang sedang mengalami Maslaah ya. Kalian sebagai orang terdekatnya harus memberikan support kepada mereka yang sedang dalam Maslaah. Salah satu nya anak broken home, cobalah bilang kepada mereka kalau mereka bisa untuk membangun kembali keluarga mereka yang retak kembali harmonis. Perlihatkan kepada mereka seperti apa itu keluarga harmonis , agar mereka termotivasi dan mulai bangkit untuk membangun keluarga yang sudah runtuh kembali bangkit dan kokoh.





Banyak sekali yang bisa kita dapatkan setelah membaca hal- hal diatas. Kalian tidak sendiri karena tidak hanya kalian yang merasakan itu tapi, banyak sekali yang sedang mengalami itu. Asalkan kalian tidak mudah menyerah ya. Aku pribadi juga mengalami hal yang sama seperti kalian. cobalah mencari kesibukan di luar tapi, dalam hal positif ya. Ayo semua kita pasti bisa. 
























Komentar

Postingan populer