PRO DAN KONTRA

Gambar


Hai semua gue kembali lagi nih setelah berhari-hari hilang engga upload tulisan. Masih disini kok gue, engga sampe hilang dari bumi dan pindah ke planet pluto eheh, jauh banget dong. 


hari ini gue mau bahas tentang Pro dan Kontra. Pro dan Kontra juga ada dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya pada saat debat saja ya. Simpel nya begini Pro itu sifat nya mendukung, sedangkan Kontra kembalikan nya dari Pro, yaitu menentang


Gue ambil contoh dari kehidupan sehari-hari aja nih yang tanpa disadari sebetulnya gue melakukan Pro dan Kontra itu sendiri. Semakin gue melangkah, tentu gue sedang membuka relasi baru terhadap orang-orang baru yang gue baru kenal. Saat gue di tahap perkenalan yang dimana sudah ada Pro dan Kontra, tidak semua orang suka pada gue. Gue sendiripun engga bisa menyimpulkan semua orang suka terhadap cara berpikir ataupun berpendapat gue. Realita aja deh, kata musuh itu bisa timbul karena ada pihak yang tidak menyukai gue. Namun hal ini engga boleh sampai memengaruhi cara hidup yang sudah menjadi pilihan gue. Gue pun engga bisa mengatur dan memaksa semua orang untuk menyukai diri gue. Jujur itu sulit banget, karena semua orang punya cara pandang untuk berpendapat nya masing-masing. 


Kritik tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan. Sebelum mengkritik itu perlu yang namanya berfikir kritis, gunanya untuk mempertimbangkan atau tidak menyimpulkan suatu masalah hanya dari satu sumber dan sumber yang dibaca juga perlu diteliti keakuratan nya. Karena seperti yang kita tau sekarang ini banyak banget tersebar berita hoax, di lebih-lebih kan, tidak sesuai fakta yang ada. Berpikir kritis memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. 


Mengkritik dengan menghujat itu berbeda ya. Di era sekarang yang bebas berpendapat, menyuarakan isi pikiran tehadap berbagai hal, semua orang bebas berkomentar secara langsung ataupun melalui wadah forum lainnya seperti website dan media sosial. 


KRITIK 

kalimat yang memberikan koreksi berupa perbaikan dengan tetap memperhatikan tata krama dalam berkomentar. Kritik biasanya akan fokus pada titik permasalahan pentingnya dengan di dasarkan pada alasan yang logis dan memberikan inspirasi. 


HUJATAN

Hujatan sifatnya cenderung menghina, tidak ada etika dalam berpendapat. Menghujat hal-hal di luar permasalahan, lebih senang berpendapat atas dasar rasa tidak suka pada orang yang di hujat nya. Dalam hujatan tidak ada solusi, tetapi hanya ada rasa hinaan dan ejek kan terhadap suatu hal. 


Jujur aja dalam membuat tulisan cerita atau opini seperti sekarang gue ini dan penulis lainnya tentu ada Pro dan Kontra nya. Seperti yang gue bahas, gue engga bisa mengatur banyaknya isi pikiran orang-orang terhadap gue untuk selalu suka terhadap karya gue. Semua orang berhak mengkritik dan memberi saran yang sifatnya mengembangkan ya. tetapi jika sudah berbau hujatan contohnya aja misalkan seperti menghina dan meminta menghapus cerita gue tersebut, gue engga akan terpengaruh dan langsung menurut. 


I appreciate any artwork, criticism and suggestions that build on my skills. thank you all happy reading.


Komentar

Postingan populer